Pilkada Serentak di Banten, Keluarga Atut Unggul di 3 Daerah

Keluarga Ratu Atut Chosiah (foto ; Tempo.co)
SERANG (BANSELnews) - Keluarga mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah dipastikan kembali menguasai pemerintahan di Provinsi Banten setelah hasil Pilkada Serentak yang digelar di empat daerah di wilayah Banten, Rabu (9/12/2015).
Berdasarkan hasil hitung cepat (quick count) tiga dari empat wilayah di Provinsi Banten yang menggelar pilkada, berhasil menempatkan keluarga Ratu Atut sebagai pemenang.
Di Kabupaten Serang, adik Ratu Atut yakni Ratu Tatu Chasanah sebagai Calon Bupati Serang yang berpasangan dengan Pandji Tirtayasa unggul dari lawannya dengan perolehan suara 60,54 persen. Sementara lawannya, Syarif Madzkurullah-Aep Saefullah mendapatkan 36,46 persen suara. Hasil itu berdasarkan quick count oleh lembaga survei Indobarometer.
Kepada wartawan, Ratu Tatu mengaku masih menunggu hasil resmi dari KPU. “Belum ada reward dari DPP (Golkar-red). Yang penting menunggu hasil resmi dari KPU dulu," kata Tatu.
Di Kabupaten Pandeglang, menantu Ratu Atut, Tanto Warsono Arban yang menjadi Calon Wakil Bupati berpasangan dengan Calon Bupati dari PPP Irna Dimyati Natakusumah, memperoleh suara 69,96 persen. Angka tersebut mengungguli pasangan calon lainnya, yakni Aap Aptadi-Dodo Juanda yang memperoleh 18,19 Persen dan Ratu Siti Romlah-Yan Riyadi sebesar 11,85 Persen.
Bupati Pandeglang, Erwan Kurtubi berharap partisipasi pemilih pada Pilkada Kabupaten Pandeglang bisa maksimal. 
“Kita belum tahu untuk jumlah partisipasi pemilih. Mudah-mudahan di atas 90 persen," kata Erwan.
Keluarga Ratu Atut juga berjaya di Pilkada Tangsel. Airin Rachmi Diany yang merupakan istri dari adik Ratu Atut yakni Tubagus Chaeri Wardana, mengungguli dua pasangan calon lainnya dengan perolehan suara 60,2 persen.
Airin dipastikan akan kembali memimpin Pemerintahan Kota Tangsel bersama Wakil Wali Kota Tangsel yang sudah satu periode bersamanya, yakni Benyamin Davnie. Perolehan kedua ditempati pasangan Arsid-Elvier dengan perolehan suara sebesar 30 persen, dan ketiga Ikhsan Modjo-Li Claudia Candra sebesar 9,8 persen.
Di Banten, selain Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang dan Kota Tangerang Selatan, pada Pilkada serentak tahun ini, Kota Cilegon juga memilih Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Hasil Pilkada di Kota Cilegon, pasangan Iman Ariyadi-Edi Ariyadi yang diusung oleh 11 partai politik menang telak.
Iman-Edi unggul dengan perolehan suara sebesar 77,18 persen. Sementara lawannya, Sudarmana-Marfi yang maju melalui jalur independent, memperoleh suara sebesar 22,82 persen. (newsmedia/smy)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Polisi 'Smackdown' Mahasiswa di Tangerang Diminta Bertanggung Jawab

Bertemu dan Meminta Maaf ke Kakek Suhud, Baim Wong: Dia Orang Baik, Terutama Ibadahnya

Puluhan Juta Raib Gegara Ingin Jadi PNS Lewat Jalur Belakang di Lebak, Penipuan Apa Suap?